Tahun 2012, Uncen Terima 4500 Mahasiswa Baru

No comment 46 views

Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013 akan menerima 4500 calon mahasiswa baru untuk seluruh program studi. Penjabat Rektor Uncen Drs. Festus Simbak, M.Pd mengungkapkan, dari 4500 orang calon mahasiswa baru itu, 1200 orang diantaranya akan diterima melalui jalur undangan, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan SLSB (Seleksi Lokal Siswa Berprestasi).
Untuk penerimaaan calon mahasiswa baru melalui jalur undangan, menurut Festus Simbiak, proses pendaftarannya sudah dimulai sejak Januari lalu dan hasilnya akan diumumkan pertengahan Mei mendatang. Setelah itu akan dilanjutkan dengam jadwal pelaksanaan ujian tertulis SNMPTN.

“Penerimaan mahasiswa jalur undangan ini, tentu saja diperuntukkan bagi siswa/siswi yang berprestasi mulai dari semester 3 dan empat. Untuk sekolah yang memiliki akreditasi A, sesuai ketentuan jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 50 persen dari total jumlah siswa kelas III,”ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (19/3).
Sedangkan untuk sekolah yang masuk kategori akreditasi B lanjut Festus, jumlah siswa yang bisa mendaftar melalui jalur undangan sebesar 30 persen dari jumlah siswa kelas III dan sekolah terakreditasi C, jumlah siswa yang bisa mendaftar sebanyak 10 persen saja. Ia mencontohkan, untuk sekolah yang terakreditasi C, seandainya siswa kelas III berjumlah 80 orang, maka yang bisa mendaftar untuk jalur undanga hanya 8 orang saja.
Disinggung persentase penerimaan putra daerah dan non putra daerah, menurut Festus Simbiak, harapannya 75 persen untuk putra daerah dan 25 persen non putra daerah. Namun, kenyataan yang terjadi, kouta 75 persen putra daerah dan 25 persen non putra daerah, sulit diwujudkan. Pasalanya kecenderungan pendaftar calon mahasiswa baru Uncen lebih banyak memilih program studi ilmu-ilmu sosial, sementara program studi ilmu eksak peminatnya sangat sedikit atau sekitar 20 persen
“Jika selama ini calon mahasiswa khusus putra daerah yang diterima tidak mencapai 75 persen, ini karena peminat untuk masuk atau mendaftar di program studi eksak sangat rendah, sehingga minimnya pendaftar tersebut terpaksa diisi pendaftar non Papua untuk memenuhi kouta yang ada,”tandasnya.

author
No Response

Leave a reply "Tahun 2012, Uncen Terima 4500 Mahasiswa Baru"