Persiapan Ujian SBMPTN Uncen: Bimbingan Teknis Prosedur Pelaksanaan SBMPTN

Bertepatan dengan kegiatan ujian Nasional SBMPTN yang telah dijadwalkan pada 18-19 Juni 2013 di lingkungan Uncen, hari ini, Senin (16/06/13) bertempat di auditorium Universitas Cenderawasih Jayapura, Uncen melalui Panitia pelaksanaan Ujian SBMPTN telah mengadakan kegiatan “Bimbingan Teknis Prosedur Pelaksanaan SBMPTN”. Sesuai dengan namanya SBMPTN, maka seleksi ini bersifat terbuka bagi seluruh peserta di Seluruh Indonesia. Artinya, peserta dari Papua bisa mendapatkan 30% kursi pendidikan yang ada diseluruh Indonesia demikian juga sebaliknya. Dan seperti biasanya, ujian ini akan diselenggarakan secara serempak di seluruh Indonesia.

DSC_0151.crop DSC_0153.crop

Prof Dr Karel Sesa,M.Si Rektor terpilih secara langsung membuka kegiatan ini sekaligus merupakan aktivitas perdana beliau dalam menjalankan      tugas – tugas terbaru sebagai Rektor di Universitas ini. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa semua team pengawas yang bertugas  ditahun ini, diharapkan dapat mengikuti bimbingan teknis hari ini dengan baik serta mengikuti seluruh prosedur yang ditetapkan oleh Panitia agar dapat mengurangi semua resiko kesalahan yang selama ini terjadi.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Festus Simbiak, MPd (Mantan Rektor Uncen) dengan menegaskan beberapa hal yang relevan dengan komentar Rektor. Memaparkan klarifikasi beliau dengan mengumumkan hasil SBMPTN jalur undangan resmi dengan total 800 peserta yang lolos dari sekitar 1400 lebih yang telah mendaftarkan diri, dan khusus Putra/Putri Papua telah berhasil lolos sebanyak 396 peserta. Menurutnya, pengawas punya andil yang cukup dalam meluluskan peserta dengan bantuan yang tepat dan benar secara teknis. Dua point mendasar yang harus diantisipasi oleh Pengawas untuk meminimalisasi kesalahan yang sering terjadi diingkungan Uncen serta berakibat fatal bagi keberhasilan peserta ujian yaitu : pengisian biodata peserta LJU yang harus sama persis dengan kartu ujian peserta serta laporan berita acara. Jika dua hal ini sudah tercover dengan baik, maka untuk masuk kriteria penilian dengan kode “Merah” akan terminimalisasikan.

Drs Vence Hallatu, MM (Kepala Biro Akademik dan Adminitrasi Kampus) selaku Ketua Panita Pelaksana Ujian ini, juga sependapat dengan hal diatas dengan menjelaskan lebih terperinci mengenai teknis pelaksanaan ujian yang dimaksud. Hadir mendampingi ketua Panitia, Kepala Biro Administrasi, Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama : Menase Kareth, SE,MM. Selain staf, untuk tahun ini, sebagian tanggungjawab ini ditugaskan kepada para tenaga pendidik (Dosen) sebagai bagian dari tugas mereka dalam mengikuti pengawasan penerimaan mahasiswa baru.

 

author
No Response

Leave a reply "Persiapan Ujian SBMPTN Uncen: Bimbingan Teknis Prosedur Pelaksanaan SBMPTN"