Kemenkes Terima Delegasi Mahasiswa Magang Universitas Cenderawasih

AKARTA (26/1) – Pendidikan bagi calon tenaga kesehatan merupakan modal penting untuk mencapai keberhasilan pembangunan kesehatan yang optimal. Tidak sekedar ilmu pengetahuan bersifat teoritis saja yang wajib dimiliki oleh calon tenaga kesehatan melainkan pula kemampuan praktik di lapangan. Untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya sejumlah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Cenderawasih (Uncen) diberikan kesempatan untuk melaksanakan magang di Kementerian Kesehatan. Sebanyak 143 dan 7 dosen pendamping dari FKM Uncen disambut oleh pihak Kementerian Kesehatan.

Rombongan ini diterima secara langsung oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan drg. Usman Sumantri, MSc. Dalam acara penyambutan dan penerimaan mahasiswa magang yang digelar di Auditorium Badan PPSDM Kesehatan itu tampak hadir Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenkes drg. S.R. Mustikowati, M.Kes, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan dr. Kirana Pritasri, MQIH, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Suhardjono, SE, MM.

Kepada para peserta Usman Sumantri menyampaikan tentang profil tenaga kesehatan di Indonesia, isu-isu yang tengah berkembang seputar sdm kesehatan, arah dan kebijakan pengembangan sdm kesehatan, serta kegiatan prioritas Badan PPSDM Kesehatan. Selain Kepala Badan PPSDM Kesehatan sejumlah materi juga disampaikan oleh perwakilan dari Ditjen Bina Kefarmasian, Ditjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, serta Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Adapun materi yang disampaikan terkait dengan profil unit kerja  dan program-program prioritas. Tidak ketinggalan pada acara tersebut disampaikan pemaparan materi anti korupsi sekaligus penyerahan buku berjudul “Tolak Korupsi Budaya Hidup Anti Gratifikasi” oleh Sekretaris Itjen.

Sebanyak 143 mahasiswa magang dari FKM Uncen ini nantinya ditempatkan berdasarkan bidang keilmuan. Untuk jurusan Administrasi Kebijakan Kesehatan akan ditempatkan di Badan PPSDM Kesehatan, Jurusan Promosi Kesehatan akan melaksanakan kegiatan magang di Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes, sementara Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan akan kedatangan mahasiswa dari Jurusan Epidemologi.

Selain kegiatan magang selama tiga pekan ke depan mereka dijadwalkan mengunjungi Dinas Kesehatan Provinsi DKI, Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon : 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail : bppsdmk@yahoo.co.id, humas_bppsdmk@yahoo.com

No Response

Leave a reply "Kemenkes Terima Delegasi Mahasiswa Magang Universitas Cenderawasih"