Mahasiswa Sebagai Kader Bangsa

No comment 767 views

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan kewajiban Perguruan Tinggi untuk dilaksanakan. Kegiatan ini berguna untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus khususnya kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan.

Tepatnya, 15 Agustus 2016, PKKMB dibuka secara resmi oleh Rektor, Dr. Onesimus Sahuleka, SH.,M.Hum , turut hadir dalam acara pembukaan, para Pembantu Rektor, para Dekan, para Pembantu Dekan, Asisten Direktur Pascasarjana, para Kepala Biro dan juga beberapa dosen dari masing-masing Fakultas.

DSC_0275-hm DSC_0332-hm DSC_0369_hm

Dalam laporannya Ketua Panitia PKKMB, Pembantu Rektor III, Fredrik Sokoy, S.Sos.,M.Sos , menyampaikan bahwa seluruh peserta PKKMB TA 2016 -2017 berjumlah 3237 mahasiswa, dengan rincian : FKIP 600 mahasiswa, Fakultas Hukum 300 mahasiswa, FISIP 524 mahasiswa, FEB 585 mahasiswa, FMIPA dan FIK 50 mahasiswa.

Beliau juga menyampaikan tentang beberapa materi PKKMB yang akan diikuti oleh mahasiswa baru ditingkat Universitas, antara lain :

  1. Wawasan kebangsaan
  2. Pola pendidikan PT dan tantangannya
  3. Kegiatan akademik di perguruan tinggi
  4. Organisasi mahasiswa serta kegiatannya baik di tingkat Universitas dan Faklutas
  5. Layanan mahasiswa
  6. Persiapan penyesuaian diri di Perguruan Tinggi.

Sementara itu Rektor, Dr.Onesimus Sahuleka, dalam sambutannya, mengatakan bahwa kegiatan PKKMB dilaksanakan dengan tujuan agar para Mahasiswa Baru dapat mengetahui situasi akademik di Perguruan Tinggi karena belajar di SMA berbeda dengan belajar di Perguruan Tinggi, cara berpikir mahasiswa berbeda dengan ketika berada di SMA. “Mahasiswa sebagai kader bangsa harus memiliki cara berpikir yang kritis alasis”, katanya.

Rektor Uncen mengharapkan kepada semua Dosen agar dengan arif dan bijaksana membimbing mahasiswa baru sehingga kelak setelah lulus mereka dapat membangun Papua kedepan. Kepada Panitia, senior maupun Alumni, beliau mengingatkan agar menghindari dari tindakan kekerasan, perpeloncoan, dan meminta agar memperlakukan mahasiswa baru dengan baik.

Rektor juga mengatakan “Kita tunjukkan identitas Uncen sebagai Universitas yang terbaik, kita ciptakan situasi akademik dengan baik agar menghasilkan SDM yang berkualitas untuk pembangunan Papua.

Kegiatan PKKMB, berlangsung dua hari, sehari di tingkat Universitas dan sehari ditingkat Fakultas. Masing-masing Fakultas melakukan kegiatannya sesuai kebutuhan dan dilaksanakan dengan aturan-aturan yang sudah disepakati dalam rapat pimpinan.

*********** MS ***********

No Response

Leave a reply "Mahasiswa Sebagai Kader Bangsa"