MPM Uncen Melaksanakan Training Legislatif dan Raker FL2MI

     Sebagai Lembaga Legislasi Mahasiswa dan penyambung aspirasi suara mahasiswa, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Uncen di penghujung masa jabatan periode 2015-2016 melaksanakan Training Legislatif dan Raker FL2MI wilayah Papua dan Papua Barat di Auditorium Uncen, dari tanggal 6 sampai 10 September 2016.

Ketua MPM Uncen, Pontius Omoldoman mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan legislator muda yang Bangkit, Mandiri dan Profesional. Dengan demikian dsc_0236-jpg_hhhhuuuummmaassada anggota dewan kota jayapura yang diundang untuk memberikan materi yang menjelaskan bagaimana seorang legislator mampu merangkul dan menyambung aspirasi dari masyarakat kepada pemerintah. Training dan Raker ini diharapkan dapat mendorong para legislatif fakultas untuk bekerja optimal sebagai penyambung aspirasi dari mahasiswa. Jika suara dari anggota legislatif kamus tidak terdengar, maka sama saja aspirasi mahasiswa tidak disuarakan. Ketua MPM Uncen menekankan pada akhir sambutannya, bahwa Legislatif kampus bukan hanya pelengkap, namun mutlak terasa pengaruhnya.dsc_0212-jpg___-humas

Rektor Uncen, Dr. Onesimus Sahuleka,S.H.,M.Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa harus punya ketrampilan khusus termasuk ketrampilan legislator. Training ini sangat penting yang bukan saja untuk menjadi anggota dewan, tapi di birokrasi apapun juga peranan legislator ini sangat penting. Belajar IPTEK selama kuliah dan mempunyai ketrampilan khusus ditambah dengan training pada saat ini akan sangat berguna saat meninggalkan perguruan tinggi dan berada di tengah masyarakat sebagai seorang professional dalam kerja dan pengabdian kita.

Selanjutnya ada Raker Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) Wilayah Papua dan Papua Barat, diharapkan ada program yang disusun dapat diaktualisasikan pada dunia pendidikan tinggi di Papua dan Papua Barat, sehingga hasil akhir dari raker akan dibawa pulang dan dapat diaplikasikan di lembaga pendidikan masing-masing. Di masa mendatang kontribusi pemikiran karya dan karsa mahasiswa ditunggu oleh pemerintah daerah dalam pembangunan.

Sekda Papua, T.E.A. Hery Dosinaen,S.IP.,M.KP, mewakili Gubernur Papua menyampaikan bahwa dinamika pembangunan dari orde lama, orde baru dan reformasi begitu cepat berkembang hingga saat ini. Dalam perkembangan itu kita tidak sadar bahwa kita sedang ditekan oleh negara-negara yang berkuasa dengan mengambil kekayaan negara kita. Hari ini sangat luar biasa, MPM Uncen telah berinisiatif melaksanakan bagi kita terutama mahasiswa dengan kegiatan yang memberikan pemahaman untuk melihat masa depan bangsa terutama tanah Papua. Kegiatan ini mendorong mahasiswa untuk bangkit dan maju membangun Tanah Papua atas nama kepentingan rakyat.

Sekda Papua yang membawakan materi tentang Otsus Plus pada training ini juga menekankan bahwa Kita tidak hanya berfokus pada kegiatan yang bersifat eksekutif dan legislatif, namun diharapkan ada kegiatan yang menggali potensi anak muda terutama potensi mahasiswa yang nantinya akan menjadi motor pembangunan di tanah Papua. ***(YT)***

Tags:
No Response

Leave a reply "MPM Uncen Melaksanakan Training Legislatif dan Raker FL2MI"