Penandataganan Kerjasama Universitas Cenderawasih dan Universitas Hassanudin

Universitas Cenderawasih dan Universitas Hassanudin telah melangsungkan kerjasama selama 15 tahun, hanya saja baru kali ini kerjasama ini dilakukan lebih teknik yakni penandatanganan Operasional dibdang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat serta jasa konsultasi. Kegiatan ini dilakukan bertempat di Auditorium Universitas Cenderawasih pada Senin, (16/03) dan diikuti oleh pejabat dilingkungan Rektorat maupun pejabat dilingkungan Pascasarjana Universitas Cenderawasih serta Dekan Fisip Universitas Hassanudin. Penandatangan ini dilakukan oleh Prof. Dr. Drs Akbar Silo, MS (Direktur Pascasarjana, Uncen) dan Prof. Dr. Andi Alimuddin, M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hassanudin).
Rektor Universitas Cenderawasih yang diwakili oleh Pembantu Rektor I, Dr Onesimus Sahuleka dalam sambutannya mengatakan bahwa Papua harus memiliki kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan sumber daya alam. Untuk itu, kerjasama dengan Universitas Hassanudin ini diharapkan akan sangat membantu. Beliau mengharapkan motivasi dan dorongan maupun sharing pengalaman agar kelak bisa membantu Universitas Cenderawasih dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang siap mengolah hasil kekayaannya.
Dekan Fisip Prof. Dr. Andi Alimuddin, M.Si,juga menyampaikan hal yang senada yakni sudah semestinya Uncen tidak hanya menjadi penonton saja tapi juga pelaku. Untuk itu, Uncen bukan hanya membutuhkan tenaga saja namun wawasan yang luas juga agar mampu mengembangkan potensi yang ada dikawasan Timur Indonesia karena yang paling memahami Papua adalah cendekiawan ditempat ini sendiri. Jangan biarkan orang luar yang memetik hasil dari jerih payah kita selama ini demikian ditambahkan beliau.
Prof. Dr. Drs Akbar Silo juga mengatakan bahwa kita harus saling menolong, yang kuat menolong yang lemah dan sebaliknya. Karena setiap sumber daya memiliki skillnya masing – masing. Meskipun dari segi kompetensi, Universitas Cenderawasih masih jauh tertinggal, kita tetap akan memberikan pendampingan dengan pakar yang lebih berpengalaman. Dan menurutnya khusus untuk kerjasama kali ini, kita buka pada bidang sosial dan ekonomi. Untuk itu, kampus diharapkan harus lebih banyak turun pada masyarakat.
Kerjasama Perjanjian Operasional berlaku selama 5 (lima) tahun . Usai penandatangan kerjasama, kegiatan dilajutkan dengan pemberian kuliah umum oleh Dr. Suratman dari FISIP Unhas dengan tema Perkembangan Ilmu Pengetahuan Kontemporer.

No Response

Leave a reply "Penandataganan Kerjasama Universitas Cenderawasih dan Universitas Hassanudin"