Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PPLG)

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, tenaga pendidik di tanah Papua dibekali dengan materi-materi yang mengarah kepada kurikulum terbaru melalui suatu pelatihan di Lembaga Pengembangan Mutu Pendidikan (LPMP) provinsi Papua di Kota Raja-Jayapura.

Sebanyak 970 tenaga pendidik yang berasal dari Papua dan Papua akan mengikuti Pendidikan dan Palatihan Profesi Guru di LPMP Papua untuk mendapatkan sertifikat sebagai tenaga pendidik profesional. Jumlah ini akan dibagi dalam tiga tahap, dimana Tahap I berjumlah 336 guru yang dibago dalam 12 kelas, Tahap II berjumlah 318 guru yang dibagi dalam 12 kelas, dan Tahap III berjumlah 323 guru terbagi dalam 13 kelas.

Pada Tahap I para peserta yang akan mengikuti PLPG Rayon 131 Jayapura meliputi guru kelas sebanyak 240 orang, guru PAUD berjumlah 58 orang, guru Penjaskes = 25 orang, bidang studi sejarah = 14 guru. Panitia Pelaksana dan pihak LPMP sangat mengharapkan perhatian serius dari semua peserta dan para instruktur, agar dalam pelaksanaan PLPG selama 9 hari ini dapat menjaga kesehatan dengan baik, peserta serius dalam mengikuti materi, para instruktur bertanggung jawab penuh terhadap pemberian materi dan pelaksanaan ujian yang murni bagi para peserta. Ujian akan dilakukan sebanyak tiga kali, dengan tujuan apabila ada peserta yang gagal dalam ujian pertama masih ada kesempatan pada ujian yang kedua, jika masih gagal pada ujian kedua, masih ada kesempatan terakhir pada ujian ketiga. Kalau peserta masih gagal dalam ujian ketiga, instruktur diharapkan jujur

DSChumas.00012.    DSChumas.00008.

untuk tidak meluluskan. Peserta dapat mengikuti PLPG pada tahap berikutnya.

Rektor Uncen, Dr.Onesimus Sahuleka, SH.,M.Hum, saat membuka PLPG ini, menyampaikan kepada para peserta bahwa kegiatan ini bukan reuni, namun proses belajar dan berlatih. PLPG ini merupakan penjabaran dari UU no.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menyatakan bahwa guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih dan menilai serta mengevaluasi peserta didik pada PAUD, jalur pendidikan formal, pendidikan dasar maupun pendidikan menengah. Guru harus memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana Diploma IV atau sarjana S1 . Pengakuan terhadap guru sebagai tenaga professional dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Berdasarkan aturan Undang-undang tersebut, maka panitia penyelenggara sertifikasi guru Rayon 131 Universitas Cenderawasih melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan profesi guru yang akan berlangsung selama 9 hari di LPMP Papua. Dengan demikian kegiatan ini bukan reuni, sehiingga Rektor Uncen menegaskan agar hargai dan hormati keluarga yang telah memberikan kepercayaan bagi para peserta untuk mengikuti PLPG agar mendapatkan pengakuan sebagai tenaga profesional.

Acara pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru Rayon 131 Jayapura diakhiri dengan penyematan tanda peserta oleh Rektor Uncen kepada perwakilan peserta, menyanyikan lagu Hymne Guru, serta perkenalan peserta dan para instruktur. ****

author
No Response

Leave a reply "Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PPLG)"