PENGAMBILAN SUMPAH JANJI DOKTER UMUM.

Bertempat di aula FK ke 6 Dokter muda mengambil sumpah janji dihadapan Rektor Dr. Onesimus Sahuleka SH.M.Hum, Dekan dr. T. Jembise Sp.B ,  Pembantu Dekan I dr.Agnes Supratiwi R. M. Kes dan disaksikan oleh rohaniwan, orang tua wali, serta tamu undangan, upacara yang berlangsung penuh hikmad membuat kesan yang mendalam saat ke 6 dokter umum memberikan sepotong bunga tanggan kepada masing-masing orang tuanya sebagai tanda ungkapan terimakasih atas jasa-jasa mereka.

Dekan kedokteran dr. T. Jembise menandatangi berita acara pelantikan dan disaksikan oleh Rector, serta penyamatan jas dokter dan pemberian cenderamata oleh dekan FK  kepada 6 dokter umum sekaligus foto bersama Rector dan 6 dokter umum serta PD I.     22/04/17

Dekan dr. T. Jembise Sp.B  dalam arahannya mengatakan bahwa pendidikan kedokteran merupakan suatu pendidikan yang cukup panjang  dalam satu bidang studi di Indonesia yang dilaksanakan dalam 2 tahap,

  1. Sarjana pendidikan kedokteran 4 tahun,
  2. Pendidikan profesi dokter 2 tahun

tetapi kalau dilihat sarjana kedokteran berjalan hampir 7 tahun baru selesai.

Akan tetapi pada tahun sebelumnya pendidikan dokter itu 4 tahun namun saat ini hanya 3 tahun dan diukur melalui SKS yaitu sekitar 44-45 SKS ini diberikan dalam kurung waktu 2 tahun dan akan dilanjutkan dengan ujian uji kompetensi yang berlangsung secara nasional dalam arti selama 1 tahun diberikan batasan ujian selama 4 kali.

4_FK 2_FK

1_FK 3_FK

Ujian tersebut juga berlaku secara nasional sehingga tamatan yang dihasilkan FK Uncen memiliki standart yang sama diseluruh Indonesia tanpa kecuali, jadi kalau ada sigma ditengah-tengah masyarakat bahwa dokter saat ini masih sanggat diragukan kualitasnya, maka anda dan saya harus katakan tidak  sebab perjuangan untuk memperoleh gelar dokter tidaklah muda dan butuh perjuangan panjang.

FK Uncen saat ini sudah berumur 15 tahun, sejak 2002 kemudian pada tahun 2009 FK berdiri secara mandiri/berdiri sendiri, FK sendiri membawahi 4 prodi, 1. Prodi sarjana kedokteran. 2. Prodi profesi dokter. 3. Prodi sarjana keperawatan. 4.Prodi propositas dari usia 15 tahun FK sudah memiliki 350 dokter yang sudah beredar di tanah papua dan selama satu stengah tahun masa kepemimpinan  Dekan dr.T Jembise sudah meluluskan 109 dokter, berarti kehadiran FK Uncen akan memberikan dampak yang sanggat baik bagi kesehatan di tanah papua.

Dekan berharap pada ke 6 tamatan yang baru untuk dapat bekerja dengan baik gunakanlah seluruh ilmu yang selama ini didapatkan untuk melayani kesehatan masyarakat yang ada di tanah papua, dekan juga menghimbau kepada dinas-dinas terkait yang berhubungan langsung dengan kesehatan supaya gunakanlah tenaga-tenaga atau SDM yang berasal dari FK UNCEN ini karena.

Menurut pengamatan kami kesehatan di tanah papua tergantung dari anak-anak negeri, kalau lulusan kami anak putra putri daerah maka saya yakin mereka inilah yang akan turun langsung ditengah-tengah masyarakat,  apalagi topografi kami di papua tidaklah sama dengan daerah-daerah lain yang berada di Indonesia untuk itu hal ini menjadi tantangan kami FK Uncen untuk menjadikan SDM asli papua untuk menyelesaikan segala persoalan kesehatan di tanah papua.

Juga kepada pemerintah daerah yang dinilai masih minim perhatiaan kepada FK, kenapa”  karena mendidik orang atau otak akademik orang asli papua itu juga sangatlah sulit karena harkat dan martabat kami juga dipertaruhkan diinstitusi ini, jika kita mau dihargai dimuka negara Indonesia maka kita harus tingkatkan mutu dan kualitas Universitas Cenderawasih, untuk itu perhatian pemerintah daerah sanggat kami butuhkan, apalagi didalam era OTSUS FK UNCEN dan PEMDA tidak bisa dipisahkan.

Turut hadir kepala dinas kesehatan provinsi papua, Direktur RSUD Dok II, Direktur RSUD Abepura, Direktur RSUD Dian Harapan, Direktur RSUD Yowari,Direktur RS Jiwa, Ketua DPRP Provinsi Papua, PLT dekan FK, Rohaniwan serta orang tua wali dan tamu undangan lainnya.

Berikut nama-nama ke 6 Dokter Umum.

  1. Arjuna Harnanto
  2. Edith Irenne Marlis
  3. Ester Enumbi
  4. Heiz F Tethool
  5. Januarius S Imbiri
  6. Stefanus Mangge

 

##### MS #####

No Response

Leave a reply "PENGAMBILAN SUMPAH JANJI DOKTER UMUM."