Penyampaian Visi-Misi Bakal Calon Rektor Universitas Cenderawasih Periode 2017-2021

Kepemimpinan Rektor Uncen, Dr. Onesimus Sahuleka, SH.,M.Hum, (PAW periode 2013-2017)akan segera berakhir pada bulan Juni 2017. Sesuai dengan peraturan Kemristekdikti maka pemilihan Rektor dapat dilaksanakan enam bulan sebelum berakhirnya masa jabatan. Untuk penjaringan bakal calon Rektor maka dilakukan beberapa tahapan yang  antara lain : verifikasi administrsi bakal calon, pengumuman calon, seleksi untuk mendapatkan bakal calon, penyerahan tiga nama bakal calon ke Kemristekdikti, dan penetapan pelantikan pada bulan Juni. Pencalonan Rektor dilaksanakan dengan lelang jabatan artinya terbuka juga terbuka secara umum.

Laporan yang kami terima dari panitia bahwa terdapat lima orang calon yang mendaftarkan  yakni : Dr. Hendrik Krisifu, Dr. Apolo Safanfo, Prof. Dr. Agustinus Fatem, Dr. Elsyan Marlisa, Dr. Marthinus Solossa dan dinyatakan lolos secara administrasi. Tahap selanjutnya untuk mendapatkan bakal calon yang terbaik maka dalam satu acara Rapat Terbuka Senat Universitas Cenderawasih dilaksanakan penyampaian Visi-Misi dan program kerja bakal calon Rektor (21/4) masing-masing kandidat.

Rapat Terbuka Senat dipimpin oleh ketua Senat Prof. Dr.  Berth Kambuaya. MBA  berlansung di auditorium Uncen dengan mekanisme kegiatan yang terbagi dalam empat Sesi yakni : sesi I, penyampaian visi-misi, sesi 2 : penajaman visi-misi oleh para panelis, sesi3 : pendalaman materi oleh senat Uncen, sesi 4 : pernyataan penutup (closing statement).

Dihadapan audience, para panelis dan anggota senat serta perwakilan dari Kemristekdikti (hadir dalam kesempatan itu, Sekkretaris Itjen, Dr. Yusrial Bachtiar Ak.,M.M.  Secara berurutan masing-masing kandidat menyampaikan visi-misi dan program kerja. Selanjutnya untuk menggali visi-misi yang disampaikan para kandidat, perwakilan dari para panelis yang terdiri dari dosen, mahasiswa, alumni dan Kemristekdikti, mengajukan beberapa pertanyaan dan ada juga yang hanya menyampaikan pernyataan saja.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tak lain bertujuan untuk mendapatkan sosok yang tepat sebagai pemimpin Uncen lima tahun kedepan.  Usai rapat terbuka senat yang berlangsung selama tiga jam lebih, anggota senat uncen melakukan rapat tertutup di ruang rapat pimpinan lantai III, gedung Rektorat  untuk menetapkan tiga calon yang akan maju dalam proses pemilihan. Dari kelima bakal calon dua nama tidak lolos ke tahapan pemilihan yaitu Dr. Hendrik Herman Johanes Krisifu,SH., MA dan Dr. Elsyan K. Marlisa, SE.,M.Si. Sedangkan tiga bakal calon lainnya lolos dan ditetapkan untuk meju dalam proses pemilihan.

 

Berikut VISI dan MISI tiap bakal calon.

  1. Apolo Safanfo. ST.MT

VISI:     Universitas Cenderawasih menjadi pusat pendidikan dan pengembangan IPTEKS serta inovasi, yang memiliki reputasi di tingkat nasional dan regional pada tahun 2021 guna mendukung peningkatan daya saing.

MISI:   1. Menyelengarakan pendidikan dan pengajaran yang berkarakter,  berlandaskan nilai-nilai ketuhanan yang maha esa.

  1. Menciptakan iklim dan suasana akademik yang mendorong segenap civitas akademika Universitas Cenderawasih mengembangkan kemampuan diri secara optimal.
  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, memiliki karakter, intergritas dan kepribadian yang luhur.
  1. Menyelengarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  1. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang berkualitas dan terpublikasi pada jurnal bereputasi, terakreditasi nasional dan internasional.
  1. Dr. Drs. Agustinus Fatem, MT

VISI:     Terwujudnya Universitas Cenderawasih pada tahun 2021 yang kokoh dan berdaya saing, berkarakter budaya  dan berwawasan lingkungan.

MISI:   1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kecerdasan akademik,spiritual, dan sosial, kinenstesis berwawasan budaya lingkungan.

  1. Mengembangkan dan menyebarluaskan iptek berbasis pola ilmiah pokok antropologi dan manajemen sumberdaya alam.
  1. Menghasilkan layanan berbasis iptek yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  1. Meningkatkan sistem dan mutu tata kelola universitas yang terintergrasi dan berkelanjutan.

 

  1. Dr. Marthinus Solossa, SH.,M.Hum

VISI :         Menjadikan Universitas Cenderawasih Sebagai Pusat Kepakaran yang Unggul, Berkualitas dan Berdaya Saing dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Tanah Papua

 

MISI : 1. Menyelengarakan sistem pendidikan yang penerimaannya sesuai dengan daya tampung guna menghasilkan  lulusan yang ungul, berkualitas dan kompetitif yang bersaing dalam dunia kerja.

  1. Mengembangkan lembaga penjaminan mutu dan lembaga penelitian sebagai agen pembaharu dalam menigkatkan kapasitas dosen yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Meningkatkan mutu tata kelola birokrasi di perguruan tinggi dalam berdaya saing untuk mendukung kemajuan pengembangan daerah dan pengembangan iptek, dengan mempersiapkan uncen sebagai universitas riset yang memilikki tenaga peneliti bermutu jaringan kemitraan yang luas.
  3. Pencapaian derajat penilaian audit keuangan secara maksimal dengan menata sistem manajemen keuangan sesuai standar tata kelola keuangan yang berlaku.
  4. Penggolaan aet universitas secara efektif dengan melakukan penyempurnaan sistem manajemen asset dalam rangka optimalisasi Revenue Generating dan menunjang teraselengaranya Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Penyelengaraan Monev dan pengawasan internal secara efektif, berkala dan berkesinambungan.
  6. Pengembanggan jejaring kerjasma kemitraan dalam rangka penyelengaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik antara perguruan tinggi, maupun dengan pemerintah, swasta dan pihak lain di dalam dan luar negeri.
  7. Optimalisasi peran dan kontribusi alumni dengan melakukan fungsional pengurus dan keanggotaan serta pelibatan alumni secara aktif dalam menyukseskan Tridharma Perguruan Tinggi.
  8. Pengembangan infrastruktur TIK dalam rangka meningkatkan efisien efektivitas secara transparansi bagi seluruh stakeholder.
No Response

Leave a reply "Penyampaian Visi-Misi Bakal Calon Rektor Universitas Cenderawasih Periode 2017-2021"