PT.Bank BRI di Percayakan untuk Melayani di Universitas Cenderawasih.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank yang dipercayakan untuk melayani di Universitas Cenderawasih lewat perjanjian kerjasama dalam rangka penerimaan pembayaran setoran mahasiswa FISIP dan mahasiswa Fakultas Teknik di Rektorat Universitas Cenderawasih, Rabu (27/7/16).

Guna pelaksanaan kegiatan pembayaran oleh mahasiswa FISIP dan FT maka telah dilakukan Penanda tanganan Perjanjian Kerjasama antara Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan Universitas Cenderawasih. Kegitan berlangsung pada Rabu (27/7/16), di Rektorat, Kampus Uncen-Waena.

Dalam sambutannya, Rektor Uncen Dr. Onesimus Sahuleka, SH. M. Hum menyampaikan bahwasanya Universitas Cenderawasih memiliki 9 fakultas, juga mempercayakan beberapa bank dalam hal penerimaan setoran SPP antara lain Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank Pembangunan Daerah Papua.

Setiap bank yang dipercayakan untuk menerima setoran SPP mahasiswa harus mempunyai izin dari Menteri Keuangan melalui Menristekdikti. Sekian lama BRI bekerja dan baru tahun ini diberikan kepercayaan oleh Kemenristekdikti dan juga Kementerian Keuangan bersama-sama dengan bank lain menerima setoran pembayaran SPP mahasiswa.

Dalam sambutannya, beliau juga menjelaskan tentang keberadaan Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang memiliki 3 tingkatan, yang pertama Perguruan Tinggi berbadan Hukum, otonomi dibidang keuangan langsung diatur oleh PT tersebut ,yang kedua berbentuk Badan Hukum yakni Badan Pelayanan Umum, badan ini semi otonomi tertutama dalam hal keuangan dan yang ketiga adalah Satker, artinya keuangan dari penerimaan sampai pengeluaran diatur oleh Kementerian, sehingga dana SPP maupun pembayaran dalam bentuk apapun semuanya harus masuk ke Kas Negara, dan ini berlaku untuk semua bank.

Oleh sebab itu Rektor mengharapkan semua Bank yang bekerjasama dengan Uncen dapat memperhatikan kemajuan Teknologi, karena hanya lewat IT proses pembayaran SPP dapat terbaca dengan baik. Hal ini juga akan memudahkan para Dekan untuk melihat berapa jumlah mahasiswa yang terdaftar pada setiap semester.

Selain itu, beliau juga mengharapkan pihak BRI dapat membantu Uncen baik secara akademik maupun non akademik khususnya bagi kedua Fakultas ini sehingga kerjasama ini bisa menghasilkan sesuatu yang baik. Karena untuk meningkatkan SDM di tanah Papua bukan hanya tanggung jawab Universitas saja tetapi merupakan tanggung jawab kita semua karena Papua membutuhkan bantuan dari berbagai macam sektor sehingga semua dapat memingkatkan kualitas SDM ditanah Papua ini.

DSC_0213_humas DSC_0152_humas DSC_1983_humas

Rektor mengatakan bahwa Uncen mengacu pada tri dharma Perguruan Tinggi yaitu dibidang pendidikan dan pengajaran, bidang penelitian, bidang pengabdian pada masyarakat. Untuk melaksanakan 3 dharma ini membutuhkan biaya dana yang cukup besar, oleh sebab itu diharapkan kerjasama yang telah dilaksanakan dapat membantu merealisasikan dharma-dharma ini. Apabila dari pihak BRI melakukan penelitian-penelitian dan membutuhkan tenaga-tenaga peneliti, Uncen siap untuk membantu, karena tenaga penelitian dari Uncen semua sudah siap, dari pada mengambil tenaga dari luar Uncen/Papua yang belum memahami situasi dan kondisi yang ada di Papua. Uncen sudah memiliki Guru Besar & Doktor, apalagi Doktor dibidang Ekonomi sudah banyak sekali sehingga bisa dimanfaatkan asalkan melalui satu mekanisme yang baik.

Beliau juga meminta perhatian dari pihak BRI agar lewat kerjasama yang ada para alumni khususnya dari FISIP dan FT dapat diakomodir dengan demikian perjanjian kerjasama yang telah dibangun bukan hanya kegiatan setoran namun aplikasi setoran dapat dikembangkan sehingga berguna untuk Uncen dan rakyat Papua.

Pimpinan PT. Bank BRI dalam sambutannya, juga mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk melayani sebagian kecil masyarakat yang ada di Uncen khususnya FISIP dan Fakultas Teknik. Dikatakan bahwa Bank BRI baru memulai menjalin hubungan kerjasama dengan Uncen sedangkan bank-bank yang lain sudah menjalin kerjasama sejak lama. Pihak bank BRI mengupayakan agar selama pendaftaran berlangsung, akan membuat laporan secara harian ,misalnya dengan mendata jumlah mahasiswa yang telah menyetor uang SPP sehingga lebih dan terus terupdate.

Pihak Bank BRI juga mengupayakan untuk menempatkan satu alat berteknologi tinggi yang jangkauan Wifi bisa mencapai 500 meter. Dalam kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan bahwa Bank BRI telah menyekolahkan sekitar 12 orang mahasiswa Papua di Universitas Diponegoro, dan setelah selesai langsung masuk menjadi staf Administrasi. Beliau juga menyampaikan bahwa Bank BRI siap menerima dan akan meneruskan amanat yang disampaikan Rektor .

perintah dari Rektor Uncen dan menjalankan tugas-tugas yang telah diberikan sesuai dengan amanat yang telah diberikan oleh Rektor Uncen membantu melayani mahasiswa Uncen khususnya mahasiswa yang ada di FISIP dan Fakultas Teknik.

************* MS*************

 

No Response

Leave a reply "PT.Bank BRI di Percayakan untuk Melayani di Universitas Cenderawasih."