WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN ATAU PENELITIAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH DALAM PEMBUATAN PROPOSAL PENELITIAN YANG BERMUTU

Sebuah langkah baru dilakukan Kemenristekdikti pada tanggal 5 Mei lalu tentang peningkatan kompetensi dosen dalam membuat proposal penelitian yang bermutu. Tentang hal dimaksud Lembaga Pengembangan dan Penjamin Mutu Uncen mengadakan Wokshop di aula LPPM , Kamis,18 Mei 2017.

Untuk meningkatkan jumlah dosen yang terlibat dalam  kompetisi penelitian proposal secara nasional, menurut Dr. Rosye R Tanjung, M.Sc., Ph.D kegiatan ini dilaksanakan sebagai strategi  agar terjadi peningkatan jumlah proposal kita. Langkah yang dibuat pihak Kementerian dengan mengundang semua dosen universitas   se-Indonesia secara terbuka untuk terlibat dalam kompetisi proposal penelitian sampai tanggal 12 Juni nanti merupakan hal yang sangat positif bagi Universitas Cenderawasih.

P_20170518_093345_p P_20170518_093935_1_pP_20170518_094010_pP_20170518_091943_1_p

Narasumber workshop yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi adalah Prof. Dr. Herry Sonjaya,DEA (guru besar Universitas Hasanuddin). Pemateri lokal dari FMIPA Uncen, Dr. Yohanis Ngili, M.Si dan Dr. Westim Ratam. M.Si dari FEIB Uncen. Peserta yang hadir berjumlah 80 orang yang terbagi dari 9 fakultas dan 1 Program Pascasarjana  yang berada di lingkugan Uncen.

Ketua LPPM berharap kepada dosen-dosen yang sudah punya gambaran proposal, draft proposal ataupun yang baru punya ide dapat mendengarkan dan berdiskusi dengan narasumber sehingga proposalnya dapat direalisasikan.

Workshop ini sangat penting karena skema penulisan proposal ini baru di liris oleh Kementrian tanggal 5 Mei 2017. Banyak perubahan skema-skema penelitian, selain itu juga mengigat uncen saat ini sudah berada di level utama sehingga ada dua skema yang tidak boleh dikuti lagi yaitu dosen pemula dan kerjasama perguruan tinggi. harus ikut yang lebih diatasnya.

DR.Rosye juga berharap kepada  Dokto-Doktor,Guru-Guru Besar, Professor Senior atau golongan IV ke atas agar bisa ikut kompetisi ini, waktu terbuka sampai 12 Juni. Dan untuk dosen dosen muda Dirjen Dikti sudah tidak lagi memberi kesempatan karena level Uncen saat ini sudah utama.

Tentang tingkat level utama yang disampaikan itu, setiap tahun Uncen harus mencetak banyak proposal, setiap dosen dalam setahun minimal mencetak dua proposal. Melihat animo dan jumlah dosen yang banyak hadir dalam workshop ini pihak LPPM Uncen harus membatasi karena terlalu banyak, akan tetapi di kesempatan yang sama kami akan kembali melakukan kegiatan ini.

Keikutsertaan dosen-dosen Uncen dalam kompetisi yang dibuka oleh Kemenristekdikti, hal ini juga akan berdampak baik bukan hanya kepada dosen tersebut tetapi juga kepada prodi, fakultas bahkan lembaga terkait dengan akreditasi.

 

****MS/HUMAS****

No Response

Leave a reply "WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN ATAU PENELITIAN UNIVERSITAS CENDERAWASIH DALAM PEMBUATAN PROPOSAL PENELITIAN YANG BERMUTU"