Profil

Universitas Cenderawasih (UNCEN) didirikan pada tanggal 10 Nopember 1962 di Kota Baru (Sekarang Jayapura) berdasarkan Keputusan Bersama WAMPA/Koordinator urusan Irian Barat dan Menteri PTIP Nomor : 140/PTIP/1962 dan disahkan dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 389 Tahun 1962.

Pada saat itu Uncen merupakan satu-satunya Instansi Pemerintah Indonesia Pertama yang dibentuk setelah Kantor Wilayah Pemerintahan Indonesia.Pada saat itu dibentuk 4 (empat) Fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Hukum Ketatanegaraan dan Ketataniagaan (FHKK) berkedudukan di Jayapuran, sedangkan Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan berkedudukan di Manokwari dan pada tanggal 17 Agustus 1964 diresmikan menjadi Fakultas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (FPPK) dan kegiatan Akademik baru dimulai tanggal 5 Oktober 1964.Namun beberapa tahun kemudian 2 (dua) Fakultas yang ada di Jayapura yaitu FKIP dan FHKK dilebur menjadi FIHES, yang kemudian menjadi FE, FISIP, FE sedang FPPK yang berkedudukan di Manokwari menjadi FAPERTA.

Pada tahun 2002 FAPERTA lepeas dari UNCEN dan menjadi Universitas Negeri Papua (UNIPA).Universitas Cenderawasih sedang menyiapkan diri untuk menjadi Universitas Pembelajaran (Teaching University) yang berkualitas dengan meiliki 2 (dua) target "Exellency":1. Antropologi 2. Sumber Daya Alam